Muncul 4 Matahari di China

Rabu, 01 September 2010

pasti udah tahu kan kejadian di china baru2 ini


dimana tiba2 ada 4 matahari yg ada dilangit dalam satu waktu

nih deh saya kasih beritanya bagi yang belum tau :

pembahasan : sebenernya itu bukan lah keajaiban dari tuhan. itu hanyalah sebuah fenomena alam yang sering terjadi di beberapa tempat yg dingin. para ahli menyebutnya dengan SUNDOG



Sundogs may appear as a colored patch of light to the left or right of the sun, 22° distant and at the same distance above the horizon as the sun, and in ice halos. They can be seen anywhere in the world during any season, but they are not always obvious or bright. Sundogs are best seen and are most conspicuous when the sun is low.



Fenomena munculnya 4 matahari secara bersamaan di langit Laiyang, China itu bisa dijelaskan sebagai fenomena sundog. Sundog atau nama ilmiahnya parhelion (bentuk jamak dari parhelia) yang berarti “di sebelah matahari”. Sundog adalah penomena atmosferik yang menghasilkan titik terang cahaya di langit. Sering berupa cincin yang melingkari atau berada di sisi matahari. Fenomena ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya.



Sundogs dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin atau, pada saat cuaca sangat dingin, oleh kristal es yang disebut debu berlian yang melayang di udara pada tingkat yang rendah. Kristal ini bertindak sebagai prisma, membelokkan sinar cahaya melewati mereka dengan sudut 22 °. Apabila kristal-kristal berorientasi secara acak, sebuah cincin lengkap mengelilingi matahari akan terlihat – yaitu sebuah halo. Namun seringkali kristal-kristal tenggelam di dalam udara menjadi vertikal selaras sehingga sinar matahari dibiaskan horizontal – dalam hal ini, sundogs terlihat.

0 komentar:

Posting Komentar

go to other page